Upaya Menjaga Kaos Sablon Agar Awet

jasa sablon kaos murah di tangerangMerawat dan mencuci sablon kaos atau pakaian lain adalah merupakan hal sudah dilakukan dari sejak dulu kala ...jadul banget kata-katanya :).
Seiring perkembangan tehnologi dan jaman bahan kaos juga semakin baik lagi dan begitu juga cat sablon atau materi bahan sablon yang dipakai. Ini berbanding lurus juga dengan perkembangan perawatan dari kaos sablon tersebut, mulai dari alat cuci sampai dengan bahan sabun atau detergen, softener (pelembut), bleaching.Untuk kita juga harus mengerti dan bisa memahami tehnik merawat kaos sablon kita, terutama kaos distro sablonan kesukaan kita agar awet dan tetap seperti baru.




Sudahkah kita memperlakukan kaos distro kesayangan bersablon dengan baik ?
Berikut ini sedikit anjurannya :


  • Cucilah dengan menggunakan tangan

Rotasi dari automatic washing machine electricity menimbulkan beban tarikan dan uluran dengan bahan lainnya yang akan menyebabkan kaos berbahan polo, combed, carded, dan lainya akan mudah melebar, tekstur kaos jadi kasar, permukaan lapisan sablon mengelupas, warna menjadi pudar.



  • Hindari kaos berada di dalam rendaman air lebih lama dari waktu yang seharusnya

Deterjen juga akan bisa merusak sablon yang melekat pada kaos, untuk itu pakailah deterjen secukupnya. Jangan biarkan kaos sablon kesayangan Anda terlalu lama berada di dalam air saat Anda merendamnya, selalu perhatikan waktu saat baju Anda di rendam. Waktu yang wajar saat melakukan ini adalah antara 30 (untuk yang baru) sampai dengan 1 jam (untuk yang lama)



  • Tangani bagian kotor dengan lembut

Jika kaos yang kita punya sering terkena gesekan sikat, ini akan menyebabkan kerusakan pada material bahan bajunya, terutama pada bagian sablonannya. Untuk memudahkan kotoran yang melekat pada kaos itu hilang, rendam dengan waktu yang sudah ditentukan diatas, setelah itu kucek lembut pada bagian yang kotornya saja. Jika bagian sablonannya yang kotor, jangan terlalu keras mengucek, menyikatnya dan memerasnya.



  • Perhatikan saat menggantung

Gantunglah kaos dengan hanger hanya pada saat keadaan sudah kering, ini menghidari bahan kaos yang kita punya ini bengkar atau memelar. Jika kaos basah yang digantung dengan hanger, maka berat baju akan bertambah dan itu akan cepat membuat mulur pada bagian kerah.



  • Lepas kaos favorite Anda saat istirahat

Sering kita temui kaos yang kita pakai kotor pada bagian leher dan kerah, untuk menghindari pemakaian yang terlalu lama, lepas dan simpan baik-baik kaos sablon distro kesayangan Anda jika tidak digunakan pada saat penting.



  • Jangan digabungkan pakaian saat melakukan pencucian

Luntur dan kotor adalah merupakan hal penting yang juga meski diperhatikan pada saat . Usahakan untuk memilah baju berdasarkan warna. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan pada warna bahan kaos jika terjadi kelunturan pada bahan pakaian. Jangan dicampur misalnya bahan kaos yang merah dengan warna biru yang sangat berlawanan. Pilahlah pakaian kaos olah raga dengan pakaian resmi untuk menghadiri acara karena biasanya kaos sablon untuk olah raga lebih banyak kotoran yang melekat dan lebih berbau. Jadi jika kita mau lebih sedikit berusaha maka hasil yang awet dan tetap berwarna akan terus melekat pada semua pakaian Anda.



  • Hindari terkena matahari langsung

Sablon dari kaos adalah bahan yang kuat, namun lama kelamaan akan bisa rusak. Salah satu agar hasil sablon itu bisa awet adalah hindari terkena matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.  Anda bisa menjemurnya dengan tehnik membalikan bagian dalam baju supaya berada diluar, ini bisa menghindari kaos terpapar panasnya sinar matahari langsung.



  • Jauhi bleaching pakaian sebisa mungkin

Kaos distro atau kaos sablon pilihan yang sudah kita order melalui website online shop di internet akan menjadi berangsur menipis dan teksturnya menjadi kasar karena bahan keras yang sifatnya mengikis dari bleaching dan pewangi atau softener baju pakaian. Untuk itu usahakan seminimal mungkin penggunaan bahan tersebut jika tidak ingin sablon pada kaos Anda cepat rusak dan mengelupas.



  • Frekuensi Pemakaian Kaos

Terlalu sering dipakai maka akan sering rusak bahan sablon kaos yang dipakai, ini berlaku untuk semua bahan pakaian. So, pakailah seperlunya pada saat Anda ingin memakainya.



  • Jangan menyetrika bagian sablon terlalu lama

Panas yang tinggi dan terlalu lama adalah hal yang musti diperhatikan untuk lapisan cat sablon kaos. Hindari menyetrika baju dalam keadaan basah atau lembab.





dan
cetak bebagai media lain